Jumat, 15 Mei 2009

tips n trik take vocal dengan baik :

Banyak orang bilang take vocal itu tergantung mic. Kalo mic bagus, jadinya bagus. Kalo micnya jelek jadinya jelek.

Kali ini, gw Mau Berbagi Tips n Triks bagaimana take vocal yang maksimal. Pasti ada bedanya mic biasa dengan mic yang bermerk.Cuman Disini gw mau mengajarkan menggunakan alat yang ada dengan semaksimal mungkin.



Yang harus diperhatikan dalam take vocal :

1. Artikulasi kata. knp?
Nyanyi adalah ungkapan yang harus disampaikan. Jadi Bernyayilah seperti kita berbicara atau ber-kata2. Maka si pendengar lagu akan bisa menangkap dengan jelas apa yang kita sampaikan. Seandainya kita bicara tidak jelas, maka org yang kita ajak bicara pun bilang " maaf, anda tadi ngomong apa?" nah itu akan mempengaruhi sekali terhadap hasil take voc kita. Jadi intinya adalah harus jelas artikulasi kata kita. Kalo kita udah bernyanyi dengan jelas seperti orang berbicara, maka tidak sadar pula bahwa kita udah bernyanyi dengan "tight".

2. Jarak Mic
Take vocal yang bagus adalah berjarak 1 jengkal tangan antara mic dan bibir kita. knp?
Karna bila kita bernyanyi lebih dari satu jengkal bahkan dekat sekali dengan mic, maka akan menimbulkan suara "beb" atupun "sis" yang terlalu berlebihan. Memang ada plug in ataupun hardwear yang menanggulangi masalah itu yaitu "Compressor deisser" cuman alangkah baiknya kalo itu kita tanggulangi dari manusianya sendiri. Sebagus2nya alat recording ataupun plug in, tidak bisa se-alami orang orang bernyanyi (humanice). Jadi mulailah belajar untuk bernyanyi dengan benar molai sekarang.

3. Power kita
Kenapa disini harus ditulis mengenai power kita?
Banyak yang bilang kalo jaman sekarang recording, itu semua bisa di atasi dengan peralatan yang serba canggih, itu memang betul sekali. Tapi satu hal yang ga bisa disamakan antara manusia dan pertalatan yaitu tone vocal kita. Mungkin voc kecil bisa di manipulasi dengan berbagai macam peralatan compressor. Sehingga vocal bisa jadi besar. Tapi sesungguhnya voc itu hanya besar, tapi tidak bertenaga. Untuk dikalangan musisi senior atau pakar audio yang handal, pasti mereka bisa membedakan mana tone dan hasil manipulasi alat.

4. Compressor
Fungsi compressor adalah untuk mengompres voc yang terlalu besar/peak.
nah, sebenernya manusia sendiri punya compressor. Teriak tapi tidak peak, yaitu dengan cara menahan alunan tapi tidak mengurangi tone vocal kita. nah itu gimana caranya? itu ada di tehnik cara bernyanyi yang udah gw tulis di halaman sebelumnya.

5. soul/Rasa
Sebenernya semua ini berkaitan antara penjelasan yang satu dengan penjelasan yang lainnya. Soul/rasa/fill itu sangat penting buat seorang penyanyi. Karna rasa itu digunakan untuk menyampaikan apa isi dari lyric lagu yang kita nyanyikan. Sebenernya seorang penyanyi ga jauh beda dengan aktor. Karna dia dituntut untuk menjadi seseorang yang udah di ceritakan dalam lyric. Bahkan mungkin bisa di bilang lebih susah penyanyi dari pada aktor. Kenapa??
Karena seorang aktor bisa mengekpresikan dirinya melaui bagian tubuh dan wajah saat dia di haruskan sedih maupun marah. Sedangkan penyanyi, dia hanya mengekspresikannya dengan suara doang. Nah disini lah letak pentingnya dinamika bernyanyi, karna bisa memainkan emosi pendengar. Walaupun sesungguhnya sang penyanyi tidak lagi dalam kondisi sedih tapi harus nyanyi sedih. Kalo itu sudah kita dapati, pasti di jamin suara lo bakal enak walaupun hanya pake mic abal2.

6. Review
Setelah take voc kita kelar, coba dengarkan lagi tanpa ada satupun plug in yang menempel di track kita (flat).
Apakah kah lo udah maksimal seperti apa yang di bahas dari point 1-5?
coba liat grafik tracknya, apakah masih ada yang nempel di ruas track? kalo ada itu tandanya peak jd harus diulang.
Apakah lo udah ngerasa nyaman dengan hasil suara lo selama bernyanyi, apakah udah ada fill/soul/rasanya setiap kata yang lo ucap? coabalah mengulangnya kembali kalo memang belum, biar mendapatkan hasil yang maksimal.

nyanyi itu tergantung mod, jadi jagalah mod itu baik2 selama lo take vocal. Ulangi lagi besok kalo memang mod itu ga ada hari ini.


Selamat mencoba, bila ada yang perlu ditanyakan ataupun ada saran maupun kritik kirim aja lewat email gw, pasti gw balas.


diandrachandra@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

komentar tidak di larang..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates